Selasa, 04 Agustus 2015

BAHASA INDONESIA : TEKS DESKRIPTIF

Paragraf narasi berusaha memaparkan suatu hal, peristiwa, atau kejadian berdasarkan urutan waktu dan tempat. Contoh tulisan narasi yang mudah Anda temukan adalah narasi iksi, seperti cerpen atau novel. Paragraf narasi berbeda dengan paragraf deskripsi. Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang isinya bersifat melukiskan atau menggambarkan sesuatu. Lukisan memang harus disajikan dengan sehidup-hidupnya agar pembaca seolah-olah melihat apa yang dilihat penulis, mendengar apa yang didengar oleh penulis, serta dia dapat merasakan apa yang dirasakan oleh penulis. Pembaca diajak untuk mengambil apa yang dialami oleh penulis.

Bagaimana agar karangan deskripsi itu dapat disajikan dengan sehidup-hidupnya? Langkah pertama, Anda harus melatih diri mengamati sesuatu. Segala sesuatu di sekeliling dapat diamati. Pengamatan dapat pula dilakukan terhadap diri sendiri, alam sekitar, kejadian di masyarakat, dan sejenisnya. Semua itu dapat Anda susun menjadi sebuah karangan deskripsi yang menarik.

CONTOH:




 Cantiknya Danau Biru di Antara Perbukitan
ke kota ini karena sejarahnya. Konon, kota ini menjadi benteng kekuasaan Belanda pada saat Perang Padri (1821–1837). Oleh karena itu, banyak terdapat bangunan bersejarah peninggalan Belanda di kota ini. Selain itu, kota ini juga terkenal di Indonesia sebagai The Big Clock Town atau Kota Jam Gadang. Jam yang ber  ukuran besar ini menjadi ciri khas Kota Bukittinggi dengan di  kelilingi pohon-pohon besar yang menambah indah pemandangan kota. Namun, tidak banyak yang tahu tentang sebuah danau biru yang cantik di kota ini. Danau Maninjau namanya.
Danau Maninjau terletak 38 km sebelah barat dari pusat Kota Bukittinggi. Jika menggunakan bus umum dari Bukittinggi cukup dengan mengeluarkan Rp2.000,00 untuk satu jam perjalanan. Airnya biru jernih dan bersih alami. Danau ini dikelilingi bukit-bukit yang indah

TUGAS
BUATLAH TEKS DESKRIPSI MINIMAL 3 PARAGRAF TENTANG ALAM SEKITAR YANG ADA DILINGKUNGANMU!!!

Tugas di ketik di Ms. Word dengan huruf time new roman, ukuran 12, jarak 1,5. dikirim ke email : rusmantobsc@yahoo.com.